Selasa, 21 Juni 2011

Sampah Itu Bau Uang lho...

Hai....Hai....
inilah tulisan pertama saya di blog ini...
Tema yang saya angkat pada tulisan pertama saya ini ingin berbagi mengenai indahnya sampah (lho??)
heheu..Penasarankan...

oiyah...karena saya bekerja di PT.Nutrifood Indonesia,maka ada beberapa hal yg saya beri contoh dgn apa yg dilakukan di Nutrifood..
kebetulan saya dibagian yg mengurusi dunia persampahan... 

silahkan disimak tulisan perdana saya ini..
jreng...jreng...


cekidot...

Pasti yang terngiang dalam pikiran kalian mengenai sampah adalah Jorok,Baunya ga enak,banyak lalatnya, pokoknya ga bgt deh..
Tapi pemikiran itu sekarang Kuno alias ga gaul..
Krn untuk sekarang ini, bagi sebagian besar orang (semoga kita termasuk) bau sampah itu bukan bau lagi,tp bau sampah adalah bau Uang/duit/dollar (Lho??kok bisa??)

Nah..sebelum menjawab kebingungan kalian
ada sedikit edukasi dulu mengenai sampah..

Pengertian sampah menurut UU No 18 Tahun 2008 adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat.
Sampah itu sendiri dapat dibagi dalam 2 bentuk, yakni sampah organic dan sampah anorganik

Pengertian dari sampah organic adalah sampah yang terbentuk dari zat-zat organik dan dapat diuraikan. Contoh dr sampah ini adalah sampah rumah tangga (bekas sayur2an/buah2an) daun rontok,kotoran hewan,dsb
Sedangkan pengertian sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda-benda yang tidak dapat diuraikan. Contohnya adalah plastik, kaleng, Kertas,dsb

Nah..sampah yang boleh langsung dibuang ke lingkungan adalah sampah organic karena sampah tersebut dapat terurai langsung oleh lingkungan sedangkan sampah anorganik perlu memakan waktu berpuluh-puluh tahun agar dapat terurai oleh lingkungan..

Nah..
Untuk itu kedua bentuk sampah ini harus dipisahkan dalam hal pembuangannya..
Tujuannya agar mempermudah dalam hal proses pengelolaannya..

Nah..
Untuk pengelolaan sampah organic,biasanya sampah ini digunakan untuk pembuatan kompos..
Pupuk kompos untuk saat ini mempunyai nilai jual tinggi lho,karena di era modernisasi ini orang2 mempunyai gaya hidup baru yakni mengonsumsi makanan organic krn lebih menyehatkan (bau sampah organic ini berubah menjadi bau uang…heheu)

Kemudian dalam hal pengelolaan sampah anorganik, dapat menggunakan konsep 3R
Sebagian besar sampah anorganik ini mempunyai nilai jualnya lho…Misalkan plastic,kardus,dan kertas (dapat kita “kiloin”)

di Nutrifood sendiri telah melakukan ini lho..
contoh..
sampah organic yang dihasilkan seperti susu bubuk yg tidak terpakai, kita manfaatkan lg buat di kebun sentul untuk dijadikan bahan dalam pembuatan kompos,,
trs ada juga sortir sampah anorganik yang bertujuan untuk memisahkan sampah yang mempunyai nilai jual dgn yang tidak memiliki jual..
yang memiliki nilai jual, kita Jual ke buyer (sperti biasa dilakukan pencacatan trlebih dahulu u/menghindari penyalahgunaan)
yang tidak memiliki nilai jual kita serahkan ke ahlinya yakni dinas kebersihan..

sekarang uda taukan..
sampah yang awalnya kita pikir tidak bernilai ternyata..eh ternyata memiliki nilai jual juga,bila kita mengerti cara pengelolaannya
jadi bau sampah = bau Uang J


sekian info yang sederhana ini
semoga bermanfaat J






-Ridho Harvie-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar